BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 30 Mei 2011

PENGAMEN CILIK


PENGAMEN CILIK

Seperti biasa, pulang kerja aku naik mobil omprengan, karena bagian depan dan tengah sudah penuh, maka aku naik di bagian belakang, disitu sudah duduk dua bocah laki-laki, usianya kira-kira  5 tahun, Mereka mengambil tempat duduk dipinggir pintu, lalu aku bilang pada mereka
“geser tong, jangan dipinggir nanti jatuh” kataku bercanda, lalu kedua anak itupun menggeser duduknya
“mau pangku ga tong?” candaku lagi
“emang mpoknya”kata salah satu bocah bocah itu menimpali
“kagak nape-nape, kan ntar kagak bayar kalau pangku”
Bocah itu melirik padaku dengan tersipu, lalu aku bertanya lagi padanya “mau pada kemana tong?
“mau ngamen”
“ngamen kemana?”
“ kalau temen saya di kopti, kalau saya ke rawa bokor”
“jauh amat tong sampe rawa bokor”
“kagak, deket, dari kalideres trus naek kopaja”
“ngamennya dimana aja tong?”
“dirumah-rumah, diwarung”
“sehari dapet berapa?”
“tergantung, kadang banyak, kadang sedikit”
“biasanya berapa?”
“30 ribu”
“banayk juga ya, emang ngamennya dari jam berapa ampe jam berapa?”
“dari pagi ampe malem”
“berarti dari tadi pagi dah ngamen neh?”
“iye”
“kagak serek tuh suaranya tong?”
“ya kagak lah”
“emang biasanya nyanyi lagu apa?”
“apa aja, wali, peterpan, pokoknya banyak”
“ya udah , coba sekarang nyanyi”
“ga ah, ga ada yang bayar”
“ntar kita bayar”
“bohong”
“beneran, tanya aja ama abang sopirnya, bener kan bang, nanti ga bayar naek angkotnya?”kataku sambil bercanda dengan abang sopirnya
“ga ah “bocah itu menjawab malu
“oya, dah sekolah belum?”
“belum”
“trus ngamen duitnya buat apa?”
“buat makan”
“buat makan?, makan apa?”
“ya makanlah”
“emang emaknya kagak masak?”
“masak, ini mpok cerewet banget ya”
Heheheh, aku tersenyum penasaran “ kan kagak napa-napa tong, nanya, daripada di angkot bengong”
“gini ni mpok”
“iya tong”
“bapak saya kan sakit, dah lama ga kerja trus emak ngurus bapak ama adik-adik saya, jadi ya saya ngamen trus kalau dapet duit, duitnya saya kasih ke emak buat belanja”
Aku tertegun mendengar penjelasan bocah itu
Anak sekecil itu yang fikirannya belumlah matang tapi dia sudah sangat dewasa, begitu mengerti apa yang harus dilakukannya, berani mengambil alih tanggung jawab yang belum seharusnya ia terima, begitu sederhana cara berfikirnya dan begitu mulia hatinya
Ia telah mengorbankan saat-saat bermainnya untuk menghidupi keluarganya, ia telah menanggalkan keegoisannya untuk kelangsungan hidup keluarganya
Tidak perlu menghitung untung rugi untuk bisa membahagiakan orang lain, karana akan ada kebahagiaan ketika kita bisa melihat orang lain bisa tersenyum dan bahagia karena kita
Ia begitu lugu, mata polosnya telah menyadarkanku, hidup adalah untuk berbagi
Terima kasih tong buat pelajaran berharganya, kamu adalah guru kehidupan yang mulia
Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengirimkan bocah itu untuk mengingatkanku untuk terus bisa berbahagia diatas kebahagiaan orang lain

2 comments:

Aniek Dwinanto mengatakan...

Nice story...Salam blogger!

Eliys mengatakan...

Aniek, makasih ya.....
aku baru di dunia blog, perlu banyak bimbingan, tlg bantu ya....makasih